DEFINISI/PENGERTIAN PASAR (MARKET)

Menurut William J. Stanton (1993:92) pasar dapat didefinisikan sebagai berikut :

“ Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya”.

Dari definisi diatas terdapat 3 unsur penting didalam pasar yaitu :

  1. Orang dengan segala keinginannya
  2. Daya beli mereka
  3. Kemauan untuk membelanjakannya

Pasar atau konsumen dapat dibedakan menjadi dua golongan, yakni konsumen akhir (pasar konsumen) dan pasar bisnis (pasar industri). Dimana pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi dan bukannya untuk diproses lebih lanjut. Sedangkan pasar bisnis adalah pasar yang terdiri dari individu-individu atau organisasi yang membeli barang untuk diproses lagi menjadi barang lain dan kemudian dijual. Berdasarkan pengertian tersebut, sebagai contoh maka petani digolongkan kedalam pasar bisnis, sebab mereka membeli barang digunakan untuk diproses lebih lanjut menjadi barang-barang hasil pertanian.

Philip Kotler (1997), mengemukakan beberapa keputusan utama yang terlibat dalam keputusan pembelian dari pasar bisnis, diantaranya berkenaan dengan menentukan :

  1. Spesifikasi produk
  2. Batas harga
  3. Persyaratan waktu pengiriman
  4. Persyaratan layanan
  5. Persyaratan pembayaran
  6. Jumlah pemesanan

Keputusan yang diambil oleh para pembeli pada dasarnya dihubungkan dengan segi keinginannya dalam pemenuhan kebutuhan. Dan hal tersebut merupakan upaya dalam mencari suatu kepuasan. Dalam kegiatan pemasaran, pemahaman atas perilaku pembelian konsumen merupakan hal yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Sebuah alasan mengapa orang membeli produk tertentu (Product Buying motive) atau membeli pada penjual tertentu (Patronage Buying Motive), ini merupakan faktor yang sangat penting bagi penjual dalam menentukan program promosi yang efektif, desain produk, harga, saluran distribusi yang efektif dan beberapa aspek lain dari program pemasaran perusahaan. Motif yang ada pada seseorang akan mewujudkan tingkah laku yang diarahkan pada tujuan mencapai kepuasan. Sedangkan tingkah laku yang diarahkan pada tujuan dipengaruhi oleh pandangan seseorang. Oleh karena itu perlulah mengetahui mengapa konsumen bertingkah laku demikian. Dengan meninjau lebih jauh kita dapat mengetahui bahwa sebenarnya tingkah laku konsumen itu dimulai dengan suatu motivasi.

Adapun menurut Basu Swasta (1984:87) mengemukakan bahwa :

“ Motivasi adalah suatu dorongan keinginan individu yang diarahkan pada tujuan untuk memperoleh kepuasan “.

Dari pengertian diatas maka dapat diketahui bahwa keinginan dari seseorang itu pada dasarnya untuk memperoleh suatu kepuasan bagi dirinya. Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat perlu diperhatikan dalam pemasaran sebab hal tersebut yang menjadi salah satu kunci keberhasilan pemasaran. Philip Kotler (1997:36) memberikan definisi kepuasan sebagai berikut :

“ Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya “.

Seperti dijelaskan dalam definisi diatas kepuasan merupakan fungsi dari kesan kinerja dan harapan. Jika kinerja dibawah harapan, pelanggan tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas atau senang. Dengan demikian pembentukkan kepuasan pelanggan perlu terus menerus diupayakan, agar pelanggan akan tetap setia pada perusahaan atau produk kita dan merupakan cara untuk menarik konsumen lainnya.

About these ads

16 Tanggapan

  1. Boleh minta daftar pustaka lengkap dari :Philip Kotler (1997:36) ?? klo boleh tlng kirim ke ratsya_rsr@yahoo.com
    thanks…

  2. tolong artikelnya lebih dilengkapin lagi ya…..
    Thsnks….

  3. boleh minta daftar pustaka lengkap untuk semua referensi diatas? klo boleh tlg kirim ke siska_ppn@yahoo.com. makasih ya..ditunggu lho…

  4. emang bener eah lo pasar tu org2 yg pnya keinginan untuk puas

  5. thank gan… boleh dunk minta daftar pustaka nya…thank skali lg..
    bangka_silent@hotmail.com

  6. saya mau tanya dunk,,,,
    sebenarnya pengertian kinerja pasar (market performance) itu apa ya??? klo ada referensinya tolong di email ke serracra@gmail.com
    makasi sblmnya….

  7. “kata puas yg ada dlm istilah pasar ,adalah relativ yg terpenting pasar dapat menyediakan segala kebutuhan jual dan daya beli orang ,kemudian bisa mendapatkan apa yang dicari ,sesuai kategori jenis pasar”
    …………………………………………………………………………..

  8. gak lengkap pengertian pasar nya. tolong dilengkapi lagi!

  9. Minta referensi dong
    Untuk tugas saya presentasi tentang lebih lanjut n lengkap tolong kirimkan ke email saya .. Terima kasih

  10. apa yang di maksud dengan pasar bisnis?

    tlong krim k Email Q ya..
    febry.cream@yahoo.co.id

    thanks

  11. Izin kopi untuk tugas KWU ya!

  12. salam kenal ya mas
    ane jalan2 mencari referensi dan ingin mengetahui ilmu yg ku dapatkan di bangku perkuliahan………
    sesungguhnya ilmu tak akan di makan masa
    “indahnya saling berbagi “

  13. terimakasih banget atas infonya, besok saya kompre mudah-han ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: