DEFINISI/PENGERTIAN PEMASARAN (MARKETING)

Pemasaran mempunyai peranan yang sangat menentukan karena pemasaran mempunyai kedudukan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Pemasaran merupakan suatu urutan-urutan kegiatan yang saling berkaitan erat dan bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. Dengan demikian perusahaan dalam menjalankan usahanya perlu memperhatikan dan mengembangkan sistem pemasarannya.

Masalah pemasaran merupakan salahsatu aspek yang sangat penting bagi perusahaan untuk menjalankan roda perusahaannya, karena tidak jarang perusahaan gagal mencapai tujuannya disebabkan sistem pemasaran yang kurang tepat. Untuk lebih jelasnya Philip Kotler (1997:8) menyatakan :

“ Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain .”

Kegiatan pemasaran tidak dapat dipisahkan dari seluruh rangkaian kegiatan usaha perusahaan karena didalamnya terdapat banyak bagian-bagian yang harus dimengerti dan dilaksanakan khususnya oleh seorang pemasar/lembaga pemasaran. Sedangkan pengertian menurut William J. Stanton (1993:7) yaitu :

“ Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial “.

About these ads

20 Tanggapan

  1. Terima kasih tulisannya sangat membantu saya dalam penyusunan skripsi

  2. Semoga bermanfaat

  3. artikel yg sangat bmembantu.. tks ya..

  4. terima kasih atas penjelasannya..
    cukup membantu untuk penyelesaian laporan kerja praktek saya di kampus….

    nice info

  5. bantu lagi cari bahan skripsi niy,,

  6. trim’s atas infonya, kebetulan aq lgi cari definisi pemasaran u/bahan skripsi

  7. Bisa saya tahu judul judul buku mengenai manajemen marketing ini dan penulisnya siapa?karena sangat diperlukan untuk tugas akhir kuliah saya…makasih

  8. baru mengerti saat ini apa itu marketing thanks ya

  9. bisa bantu saya??
    apakah pasar hanyalah tempat untuk bertransaksi saja?? ada pengertian lain kah?? tolong sebutkan 5 pengertian pasar ??

  10. Bagaimana cara nya mencari konsumen untuk di iklanin di Radio…
    Makasih ya sebulum nya…

  11. terimakasih…mudah2 bermanfaat

  12. [...] DEFINISI/PENGERTIAN PEMASARAN (MARKETING) Posted on 24 Maret 2009 by Danfar [...]

  13. [...] http://dansite.wordpress.com/2009/03/24/definisi-pemasaran-marketing/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this post. [...]

  14. Makasih ya atas infonya

  15. Artikel ini sangat membantu…kami…

  16. maksi, artikl ne sangat membntu.

  17. Makazih banyak…

  18. bermanfaat.
    terima kasih infonya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: