DEFINISI/PENGERTIAN EFISIENSI

Efisiensi merupakan suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber/biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan.

Pengertian efisiensi menurut Mulyamah (1987;3) yaitu:
“Efisiensi merupakan suatu ukuran dalam membandingkan rencana penggunaan masukan dengan penggunaan yang direalisasikan atau perkataam lain penggunaan yang sebenarnya”

Sedangkan pengertian efisiensi menurut SP.Hasibuan (1984;233-4) yang mengutip pernyataan H. Emerson adalah:
“Efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara input (masukan) dan output (hasil antara keuntungan dengan sumber-sumber yang dipergunakan), seperti halnya juga hasil optimal yang dicapai dengan penggunaan sumber yang terbatas. Dengan kata lain hubungan antara apa yang telah diselesaikan.”

Dan menurut Soekartawi (1989:29), mengemukakan bahwa efisiensi pemasaran akan terjadi jika :
1. Biaya pemasaran bisa ditekan sehingga ada keuntungan
2. Pemasaran dapat lebih tinggi
3. Prosentase pembedaan harga yang dibayarkan konsumen dan produsen tidak terlalu tinggi.
4. Tersedianya fasilitas fisik pemasaran.

Adapun untuk mencari tingkat efisiensi dapat digunakan rumus sebagai berikut :
Efisiensi = Input Target/Input Aktual >=1
 Jika input yang ditargetkan berbanding input aktual lebih besar atau sama dengan 1 (satu), maka akan terjadi efisiensi.
 Jika input yang ditargetkan berbanding input aktual kurang daripada 1 (satu), maka efisiensi tidak tercapai.

About these ads

41 Tanggapan

  1. Wah, bener deh
    Kata ini seringkali disebut tapi jarang diungkap

    Makasih y bro

  2. Makasih kembali

  3. saya mw nnya ni..
    aqility yg terkait dengan masalah efisiens tu apa yah?

  4. makasih yaa

  5. cacad cokk
    ak takok efisiensi trafo cug cug cug

  6. Saya butuh bantuan buat bahan sekripsi
    artikel ato referensi tentang efisiensi biaya bahan baku dan efisiensi tenaga kerja langsung

  7. aq mw nanya ni,,,efisiensi disni pa kaitannya dgn education,,,

  8. Kalau boleh tau, sumberny dari mana ya? Aq lg nyusun makalah nih, butuh banget pustakany. Trims

  9. aslm mau tanya kalau terkait dengan efisiensi suatu tarif itu tolak ukurnya bagaimana yah?
    terimakasih..

  10. Makasih banyak mas bro

  11. minta daftar pustaka efisiensi menurut mulyamah ama hasibuan itu dong… biar q bs beli bukunya….
    coz q butuh banget bwt tesis….

  12. klo contoh dri efisiensi itu ap ya..??
    mohon bantuan’a..aq ad tugas kuliah…
    makasih bnyak ya…

  13. Contohnya jika anda menargetkan biaya usaha dalam satu bulan sebesar 150, dan tenyata setelah dihitung biaya aktualnya 125 atau ada penekanan biaya sebesar Rp.25, maka prosentase efisiensinya sebesar 16,7%. Kalau kita gunakan rumus maka input target (150) / input aktual (125) = 1,2 maka efisisensi tercapai, karena 1,2 > 1.
    Untuk itu agar efisiensi dapat tercapai, maka perlu dengan cermat memperhitungkan semua biaya, misalnya anda berjualan beras, anda harus tahu berapa permintaan pasar. Sehingga anda dapat menyediakan beras yang optimal sesuai kebutuhan pasar. Jika berlebih (over), tidak baik karena akan dihadapkan pada penambahan biaya penyimpanan (carrying cost). Begitu juga apabila kurang, tidak baik pula karena akan dihadapkan pada penambahan biaya pemesanan (ordering cost). Demikian contoh kecil yang bisa saya jelaskan, terima kasih

  14. minta daftar pustakanyanya dunk…boleh?

  15. Makasih informasinya ya moga makin maju en sukses selalu

  16. Tlg dg brikan cntoh efsiensi dgn tolak ukur dlihat dri segi pengorbnan (input/pengehematan) ???

  17. mulyamah ini dpet di buku yg judulnya apa ya ? kalo boleh tau .. thanks

  18. Saya butuh bantuan buat bahan sekripsi
    artikel ato referensi tentang efisiensi dan efektivitas terhadap kinerja keuangan mis. pd sebuah instansi pemerintah…
    thanks sblumx…

  19. yaaaaaaaaaaaaaaaccccccccccccccccccccccccccccchhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh……………………………….
    quw ga maksud tuchhhhhhhhhhhhhhhh………………..

  20. g ada judul bukunya apa yah…

  21. tolong kasih tau aq definisi tentang transformator?????

  22. tolong kasih tau aku teori efisiensi produksi
    dalam pertanian….

  23. tolong kasih tau aku tentang efisiensi kerja kesas, tepat waktu,

  24. judul bukunya hasibuan tahun 1984 apa ya?
    kirimin ke pmuda2000@yahoo.com dong plsss

  25. Ngebantu bgt…,
    Mkasi y gan…,

  26. terima kasih…….
    tolong tulis dengan referensinya

  27. [...] Pertema kita bahas dulu definisi efisiensi waktu. Saya kutip dari sebuah artikel tentang definisi pengertian efisiensi yang bisa Anda baca disini. [...]

  28. Terimakasih… :)
    Izin Kutip. :)

  29. Tolong di cantumin daftar pustakanya dong

  30. makasih yaa telah memudahkan tugas aku

  31. wah sipp makasi infonya bro

  32. […] Pertema kita bahas dulu definisi efisiensi waktu. Saya kutip dari sebuah artikel tentang definisi pengertian efisiensi yang bisa Anda baca disini. […]

  33. minta pengertian input target dan input akt
    ual

  34. sya btuh refrensi tentang efisiensi kas

  35. […] DEFINISI/PENGERTIAN EFISIENSI | EDUCATION, BUSINESS … […]

  36. […] DEFINISI/PENGERTIAN EFISIENSI | EDUCATION, BUSINESS … […]

  37. […] DEFINISI/PENGERTIAN EFISIENSI | EDUCATION, BUSINESS … […]

  38. saya ingin tau efisiensi di bidang usaha laundry dan apa contohnya

  39. saya ingin bertanya perbedaan efesiensi dan kineja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: