BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)

Sebagaimana yang dikatakan oleh William J. Stanton  (1993:7)  bahwa pemasaran adalah ” suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial”. Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa dalam pemasaran terdapat empat unsur pokok kegiatan pemasaran yakni produk, harga, promosi dan distribusi yang dimana satu sama lain saling berkaitan. Sehingga untuk menciptakan pemasaran yang baik dan berhasil dalam mencapai tujuan perusahaan serta memberikan kepuasan terhadap konsumen, maka keempat unsur tadi perlu dirancang sebaik mungkin terutama dengan memperhatikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sesuai  dengan konsep pemasaran.

Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran“. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place).

Product (Produk).

Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.

Price (Harga)

Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.

Promotion (Promosi)

Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.

Saluran Distribusi (Place)

Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.

Daftar Pustaka :

Kotler dan Armstrong, (terjemahan Alexander Sindoro), 2000, Dasar-dasar Pemasaran, Prenhallindo, Jakarta.

Fandy Tjiptono, 2004, Pemasaran Jasa, Bayu Media Malang.

William J. Stanton (1993)


About these ads

15 Tanggapan

  1. terimakasih ya….

  2. terimakasih. . . atas informasinya..

    tapi sekarang P sudah bertambah jadi 7

  3. Mkaciiiiih artikelnya… :)_

  4. yang tadinya 4P kemudian 7P dan katanya sekarang menjadi 12P, benar atau salah??:D

  5. artikelx sgt mmbantuh z

  6. [...] dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk. SUMBER: http://dansite.wordpress.com/2009/04/05/bauran-pemasaran-marketing-mix/ 1.7 Tujuan Pemasaran Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai [...]

  7. !nfo.na Mmbantu,,

    tHanks,, ,,

    ph! kLo b!za RefereNsi.na LbiH dr! 2,,

  8. kalau indikator dari bauran pemasaran itu apa,,,,,blz y.yang bsa bntu,

  9. kalau indikator dari bauran pemasaran itu mba,,,, seperti apa,,,,,

  10. terimakasih, atas ringkasan ilmux saya mengambil bahan dri sini loch, mohon keikhlasanx ya…….

  11. bagaimana jika 4p tidak diterapkan diantaranya apakah marketing mix bisa berjalan?

  12. terima kasih, artikel ini bermanfaat bagi saya dalam mendalami ilmu pemasaran :)

  13. Tolong dong kasih tau nama buku yang memuat 12 tool -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: