MENGHAFAL DENGAN CARA MEMBUAT SOAL SENDIRI

Mengulangi mata kuliah tentu saja merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap mahasiswa. Karena apabila itu terjadi resikonya adalah harus mengeluarkan kembali banyak lagi waktu dan biaya. Hal itu terjadi karena ada penyebabnya, apakah karena malas, punya masalah atau karena sulit untuk mencerna dan menghafal materi. Bagi orang yang ada kemauan untuk belajar dengan serius akan tetapi ketika menghadapi ujian sering lupa apa yang telah dihafalkan tentu saja membuat orang tersebut kecewa, karena dengan keadaan seperti itu sudah dapat diprediksi hasil ujian pasti tidak akan memuaskan.  Untuk pencapaian hasil yang memuaskan diperlukan metode belajar yang lebih efektif. Berdasarkan pengalaman saya dulu, ada cara yang menurut saya bisa mendapatkan nilai yang baik sangat memuaskan, diantaranya :

  1. Minimal 1 bulan sebelum ujian kita harus rajin membaca kembali materi kuliah yang telah diberikan dosen.
  2. Ringkas materi dengan menggunakan metode mind map, metode ini baik untuk melatih daya ingat.
  3. Buatlah serangkaian pertanyaaan (soal) dari setiap bab materi kuliah dengan terlebih dahulu mengibaratkan  diri kita sebagai dosen yang memberikan mata kuliah tersebut, setelah selesai  dibuat kemudian kita baca dan jawab sendiri. Memberikan jawaban dari soal yang telah kita buat berati juga kita menghafal isi jawaban tersebut.
  4. dimalam hari sebelum ujian, baca kembali soal-soal yang telah kita buat dan kuatkan naluri kita kira-kira soal apa yang akan diujikan besok. Apabila naluri kita kuat terhadap beberapa soal yang akan keluar, perdalam dan hafalkan sebaik mungkin jawaban dari  soal-soal tersebut. Dengan catatan soal-soal yang lainnya yang telah kita buat tetap harus kita pelajari.
  5. Ketika ujian berlangsung terlebih dahulu sebelumnya berdo’a dan sugesti diri kita bahwa kita mampu mengisi soal-soal.

Itulah cara yang pernah saya lakukan sendiri dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Cara membuat soal  sendiri yang saya alami ternyata selalu tepat sesuai dengan soal yang diberikan dosen.  Dan cara itupun untuk melatih instuisi kita. Mudah-mudahan apa yang saya paparkan ada manfaatnya dan jangan lupa berdo’a disetiap kali kita akan melakukan sesuatu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: