Sekilas Tentang Budaya Organisasi

Budaya adalah sejumlah pemahaman penting seperti norma, nilai, sikap, dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh anggota organisasi. Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, dan terikat secara formal dalam satu ikatan hierarki di mana selalu terdapat hubungan antara seseorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan, dan seseorang atau sekelompok orang yang di sebut bawahan.

Dari pengertian diatas maka yang yang dimaksud dengan budaya organisasi adalah suatu sistem nilai, kepercayaan dan kebiasaan dalam suatu organisasi yang saling berinteraksi dengan struktur formalnya untuk menghasilkan norma-norma perilaku organisasi. Budaya organisasi dianggap sebagai alat untuk menentukan arah organisasi, mengarahkan apa yang boleh dilakukan dan tidak dilakukan dan bagaimana mengalokasikan sumberdaya, mengelola sumber daya organisasional dan SDM, dan sebagai alat untuk menghadapi masalah dari peluang dan lingkungan. Dari pengertian budaya organisasi tersebut menyiratkan tiga hal, antara lain :

  1. Budaya organisasi berkaitan dengan nilai yang dianut oleh seluruh anggota organisasi. Nilai-nilai tersebut menginspirasikan individu untuk menentukan tindakan dan perilaku yang dapat diterima oleh organisasi.
  2. Nilai yang membentuk budaya organisasi seringkali diterima begitu saja, tidak tertulis, tapi merupakan hasil suatu kompromi bersama para anggota organisasi.
  3. Adanya aribut sebagai bahasa komunikasi untuk menstransfer nilai-nilai budaya. Aribut yang digunakan organisasi mengandung pesan atau makna yang dapat dipahami segenap anggota organisasi.

Dengan demikian budaya organisasi dapat meningkatkan komitmen karyawan terhadap organisasi dan meningkatkan konsistensi dari perilaku karyawan. Budaya organisasi dikembangkan terus-menerus di dalam organisasi yang pada dasarnya bersumber dari pimpinan organisasi dengan dukungan semua orang di dalam organisasi. Oleh karena itu perubahan-perubahan di dalam organisasi yang juga melibatkan orang-orang di dalam organisasi. Agar lembaga memiliki budaya organisasi yang baik dan agar tujuan bisa tercapai secara optimal, maka budaya organisasi perlu dikelola secara efektif.

Sumber :

Prof. Dr. H. Achmad Sanusi, M.PA. dan Dr. M. Sobry Sutikno, Kepemimpinan Sekarang dan Masa Depan Dalam Membentuk Budaya Organisasi Yang Efektif,  Prospect, 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: