TOLONG KELOLA DENGAN BAIK PENDIDIKAN DI INDONESIA

Jika diamati selama ini kebijakan dalam dunia pendidikan di Indonesia sudah cukup baik bahkan telah melakukan sejumlah terobosan-terobosan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Namun sayang, dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya diikuti dengan manajemen yang baik. Para pendidik masih mengeluhkan tunjangan profesi yang tak kunjung berjalan lancar, SK Inpassing bagi GBPNS / NONPNS masih belum ada kejelasan untuk beberapa guru, korupsi anggaran pendidikan oleh oknum pejabat, masalah diundurkannya Ujian Nasional, dsb, hal ini merupakan gambaran masih bobroknya manajemen dalam kependidikan.

Terkait dengan kondisi seperti demikian, maka ada beberapa saran dan harapan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh), dan jajarannya sebagai berikut :

  1. Untuk Tunjangan Profesi / sertifikasi bagi guru PNS sekiranya dapat dicairkan bersamaan dengan gaji per bulan. Hal ini akan lebih efektif dan tidak timbul kecurigaan dari berbagai pihak.
  2. Untuk Tunjangan Profesi bagi guru non PNS sekiranya dapat dinaikan jumlahnya, karena dengan Rp. 1,5 juta masih jauh dari Kebutuhan Hidup Layak. Meskipun notabene ada gaji dari yayasan / penyelenggara pendidikan per bulannya akan tetapi jumlahnya masih sangat minim rata-rata sekitar dibawah Rp. 500.000.
  3. Cepat merealisasikan inpassing kepada semua tenaga pendidik  (Non PNS sertifikasi) yang telah mengajukan. Berikan kepastian kepada mereka dan buktikan komitmen untuk mensejahterakan, jangan sampai hal ini menjadi sebuah siasat  pendorong kinerja belaka.
  4. Perbaiki  semua website yang menjadi media komunikasi dan informasi bagi para tenaga pendidik. Seperti halnya website p2tkdikdas.kemdikbud.go.id  yang selalu bermasalah (tidak dapat diakses) sampai dengan saat ini (tanggal 18 April 2013).  Hal ini membuat sejumlah besar guru Dikdas merasa galau karena tidak dapat mengecek kevalidan data sehubungan dengan pencairan tunjangan.
  5. Dapat disediakan fasilitas perbaikan data PTK secara online (langsung pada website), hal ini akan lebih efektif dibanding harus terpaku pada operator Dapodik. Karena apabila melalui operator kemungkinan akan terjadi beberapa kali pengiriman data dan hal ini dipandang tidak efektif dan efisien. Paling tidak untuk operator dapodik diberlakukan aturan updating data setiap semester sekali.
  6. Memberikan penghimbauan kepada masing-masing sekolah untuk memberikan biaya operasional kepada tenaga operator dapodik. Hal inilah yang mengakibatkan sebagian operator dapodik tidak terdorong kinerjanya sehingga masih banyak diantaranya yang lambat mengirimkan update data, padahal untuk dikdas sebagaimana dinformasikan dalam situs p2tkdikdas update data paling lambat tanggal 11 Januari 2013. Namun kenyataannya masih banyak yang terlambat sehingga mempengaruhi pada pencairan tunjangan. Berdasarkan informasi banyak operator dapodik yang mengeluh, karena untuk pendataan ini tidak cukup pada saat waktu kerja (karena kesibukan untuk kerja lainnya untuk mengajar (bagi operator berstatus guru) atau mengelola administrasi lainnya (bagi operator berstatus TU)), sehingga akhirnya mereka membawa pekerjaannya yang belum tuntas kerumah masing-masing dengan konsekuensi biaya koneksi internet, biaya listrik, dll ditanggung sendiri. Disamping itu juga, nampak kurang adanya inisiatif dari kepala sekolah untuk melakukan tinjauan terhadap kemajuan data.
  7. Memberikan penekanan kepada operator-operator (yang ditugaskan mengelola website) yang mengelola pengaduan dan pemberian informasi/pencerahan kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan kinerjanya (responsif).
  8. Meningkatkan kapasitas server, jangan sampai website yang berada pada jajaran kemdikbud down.
  9. Tingkatkan pengawasan proses pelaksanaan kurikulum 2013, agar tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Jangan sampai menjadi proyek untuk meraih keuntungan pribadi atau kelompok.
  10. Bagi tenaga pendidik di daerah perbatasan ataupun daerah terpencil untuk diangkat PNS. Mohon pertimbangkan pengorbanannya.
  11. Upayakan selalu untuk merubah mindset dan cultureset para pegawai dinas pendidikan, yang sampai saat ini pelayanannya masih jauh dari harapan, cenderung masih ada oknum yang melakukan punggutan-punggutan.
  12. Lakukan uji dan pengembangan kompetensi bagi tenaga kependidikan/pengelola layanan administrasi pendidikan (baik yang ada di dinas pendidikan provinsi dan kota/kabupaten serta kementrian). Hal ini ditujukan untuk menyeimbangi tuntutan atas kompetensi tenaga pendidik. Karena meskipun tenaga pendidik telah kompeten, akan tetapi apabila tidak didukung dengan kompetensi tenaga kependidikan/pengelola layanan administrasi pendidikan, maka untuk memajukan pendidikan di Indonesia akan sia-sia (bisa dilihat dengan kondisi saat ini).
  13. Mohon untuk membenahi manajemen agar setiap pelaksanaan program dapat sesuai dengan harapan.

Disamping itu, untuk tenaga pendidik disarankan lebih aktif  untuk mendapatkan informasi dan menindaklanjuti setiap hal yang perlu dilakukan.

6 Tanggapan

  1. Masalah tunjangan guru juga belum terselesaikan dengan baik, sudah banyak program lagi. Selesaikan satu persatu sampai tuntas baru program/proyek baru……, Aahhhhh……proyek dan proyek yang ada dibenak penguasa itu.

  2. Mudah2an Presiden terpilih nanti bisa lebih peduli terhadap pendidikan. Berikan kebijakan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat…Hidup Indonesia !!!.

  3. Mudah2an Presiden terpilih nanti bisa lebih peduli terhadap pendidikan. Berikan kebijakan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat…Hidup Indonesia !!!.

  4. Pengakuan tulus dari saya IBU YATI TKI kerja disingapura saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,, serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada MBAH RONGGENG,,saya sudah kerja sebagai TKI selama 3 tahun disingapura,,dengan gaji lebih kurang 2.7jt/bln,,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,,apalagi setiap bulan harus mengirim orangtua di jawa timur,,sudah lama saya mengetahui roomnya om ini,,juga sudah lama mendengar nama besar MBAH RONGGENG,,tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu.. dan kemarin saya di beri 4d singapura yaitu 8458,,saya benar2 tidak percaya dan hampir pinsang,,angka yang di beri MBAH 8458 ternyata tembus,,awalnya saya coba2 menelpon,,saya bilang saya terlantar disingapura,,tidak ada ongkos pulang,,terus beliau bantu kasih angka 8458..mulanya saya tidak percaya,,mana mungkin angka ini keluar,,tapi dengan penuh pengharapan saya pasangi kali 120 lembar,,sisa gaji bulan juli ternyata meledak….!!! dapat 300jt..sekali lagi terima kasih banyak MBAH RONGGENG,,saya sudah kapok kerja jadi TKI,,kemarin gak jadi pulang dan rencana bulan (12) mau pulang aja ke jawa timur,,buat MBAH saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik MBAH.. yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi MBAH RONGGENG di nomor: (-085-256-200-352-) demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa.. BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL MBAH RONGGENG angka;GHOIB: singapura angka;GHOIB: hongkong angka;GHOIB; malaysia angka;GHOIB; toto magnum angka”GHOIB; laos… angka”GHOIB; macau angka”GHOIB; sidney angka”GHOIB: vietnam angka”GHOIB: korea angka”GHOIB: brunei angka”GHOIB: china angka”GHOIB: thailand DAN LAIN-LAINNYA

  5. Assalamu alaikum SOBAT……Maaf ya SOBAT saya mau jujur bahwa awalnya saya hanya mencoba-coba bermain togel karna saya terlilit hutang yang sangat banyak sekitar Rp 69 juta karna hutang saya banyak akhirnya saya mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama islam apa boleh buat nasi sudah jadi bubur dan akhirnya saya menemukan seorang dukun yang ternyata alhamdulillah dan dengan seisin gusti Allah dengan lantaran bantuan
    KI RONGGENG kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya karna itu semua berkat bantuan KI RONGGENG dengan waktu yang singkat saya sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup kita menjadi kaya buktinya angka penberian AKI 4D nya ‘9770’ tembus alhamdulillah saya menang.. dan saya menang sebanyak Rp 175 juta dan alhamdulillah semua hutang-hutang saya sudah bisa terlunasih juga jadi bagi anda yang pengen menang angka dan mau membuktikan angka KI RONGGENG silahkan hubungi beliau di 0852-5620-0352 atau >>>KLIK DI SINI;>>> 100% terbukti

  6. Info loker terbaru
    Info lowongan wanita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: